Minggu, 19 Februari 2012

Kamulah Garam dunia, kamulah terang dunia,


Refleksi
Live in Bersama FKRBB

Sabtu, 19 Februari 2012
Pagi hari sekitar pukul 04.45, Saya bersama Fra. Rito berangkatdari Biara menuju Bandung tepatnya ke Gedung DKP dimana para Frater dan Suster berkumpul untuk menuju Purwakarta. Setelah sampai disana kami berkumpul dengan para sahabat Biarawan OSC , Para Frater Keuskupan Bandung dan menyusul para Suster Ursulin (OSU), Suster SSCC dan Para suster Dominikan ( OP ). Setelah briefing dan pembagian kelompok sambil menikmati lontong hangat, tepal pukul 06.15 kami berangkat menuju Paroki Purwakarta, sebelumnya kami menjemput 2 frater dari Fermentum dengan menggunakan 2 mobil yaitu mobil Susteran Ursulin dan mobil “ Duc In Altum “ yang gagah.. J.
Tiba di paroki Purwakarta disambut dengan suhu udara yang panas, kami lansung menuju pastoran dan beristirahat sejenak sambil menikmati potus yang mantap. J dilanjutkan latihan koor dengan lagu Kutemukan Cinta.

Jam 09.00 kami mengadakan pertemuan dengan adik-adik SD dan SMP Yos Sudarso, dengan dipandu Fr. Reners (Projo Bogor) dan Fr. Andrian (ProjoBandung). Kedua Fr tersebut menjelaskan tentang panggilan khusus didalam Gereja Katholik. Setelah pemaparan kami dibagi dua kelompok, kelompok SD dan SMP. Saya kebagian dikelompok SMP. Acara di pandu oleh Fr. Hila, OSC. Yang menarik buat saya adalah selama acara berlangsung mereka sangat antusias tetapi juga ada yang berbuat aneh-aneh ada yang berantem, ada yang dorong-dorongan dan lain-lain.. tapi saya bersabar diri bersama Fr. Miki dari projo bandung. Karen akami berdua kebetulanberada dikelompok anak-anak yang boleh dibilang tidak serius.. J bagi saya itulah hal yang wajar bagi anak2 seusia mereka.
Setelah jam makan siang kami para frater dan suster di jemput oleh keluarga-keluraga dimana nantinya kami akan menginap sekaligus berbagi dengan lingkungan dimana kami timggal. Saya bersama Sr. Magdalena, OSU berada di Lingk. Santo Leonardus. Saya tinggal bersama keluarga Bp. Yatno, selama tinggal bersama keluarga ini, saya merasa pangolin ini diteguhkan, kami saling bersharing mengani hidup panggilan dan juga perjalanan keluarga.
Pada malam hari ini kami bersama lingkungan mengadakan ibadat disalah satu rumah umat. Dimana dalam ibadat tersebut saya bersama Sr. Magda bersharing mengenai panggilan sebagai biarawan dan biarawati. Yang terkesan lagi bahwa didalam ibadat tersebut banyak sekali anak-anak yang terlibat hampir 20 anak-anak, dan mereka pun mempersembahkan sebuah lagu buat kami berdua. 

Kamulah Garam dunia, kamulah terang dunia,
janganlah garammu tawar, janganlah terangmu pudar….

Lagu tersebut semakin membuat kami teguh dalam panggilan terutama bagi saya, bagaimana saya harus berproses untuk menjadi Gram dan Terang Dunia dalam hidup panggilan saya. Terimakasih adik-adik yang baik atas dukungan buat saya dan juga suster.:-), semoga diantara kalian pun ada yang terpanggil menjadi Imam dan suster ya,, Frater doakan selalu…  selain adik-adik juga para umat lingkungan St. Leonardus sungguh mendukung dan mendoakan kami akan perjalanan hidup kami, mereka memberikan semangat dan peneguhan untuk kami melangkah dalam panggilan SuciNya… Berkah Dalem.

Hari minggu pagi, kami kembali berkumpul dipastoran dan setelahnya bersama Umat paroki Salib Suci Pwkt kami melaksanakan Perayaan  Ekaristi dan sebelum berkat penutup, Fr. Ferdinand OSC dan Sr. Diah, OSU bersharing tentang bagaimana perjalanan hidup panggilan sebagai seorang Calon Imam dan Biarawati. diAkhir sharing kami bersama menutupnya dengan lagu Kutemukan Cinta.
Siang hari setelah misa di Paroki Salib Suci Pwkt kami melanjutkan perjalanan menuju gereja Stasi Cikampek bersama Rm. Hilman, Pr. Untuk kembali bersama-sama merayakan Ekaristi bersama umat stasi cikampek. Kami melewati Gereja yang sedang dalam proses pembangunan, harapannya umat cikampek tidak lagi misa di “Gudang” tetapi sungguh-sungguh merasakan khidmatnya Ekaristi d Gedung Gereja yang baru,, doaku selalu.

Sama halnya di Purwakarta, di stasi Cikampek diakhir misa fr. Reners bersama sr. Theresita, OP bersharing mengenai perjalanan hidup panggilan. Setelah misa kami bersama para sahabat OMK mengadakan pertemuan dipandu oleh Fr. Andrian. Sangat antusias para sahabat mengikuti jalannya acara tersebut walau singkat namun sungguh bermakna. Karena baru pertama kalinya di stasi ini diadakan aksi panggilan dan juga perkenalan para frater dan suster dari berbagai Diosesan dan tarekat ( Keuskupan Bandung, keuskupan Bogor, OSC, OAD, OSU, SSCC, dan OP). acara kami tutup dengan santap sinag bersama dan Evaluasi selama kegiatan live in berlangsung. Setelah itu kami kembali ke kota Bandung.

Makna yang saya dapat adalah bagaimana saya sunguh merasa diteguhkan dan termotivasi dalam panggilan hidup saya, sharing dari para saudara dan saudari saya dari OSC, OSU, Pr, SSCC, OP yang lebih senior dalam pengalaman hidup panggilan juga menjadikan kekuatan saya untuk berproses dalam hidup ini. Terimakasih saudara-saudariku,, Berkah Dalem
Doa dan dukungan dari umat pun kurasakan, menjadikan semangat dalam hidup panggilan pun berkobar, semoga semangat itu tak meredup namun terus menyala dalam menanggapi panggilanNya. Menghadapi segala tantangan, suka dan duka dengan tekun dan setia akan panggilan SuciNya




Kutemukan cinta :

Tuhan hidup ini tak slalu mudah,
Berbatu terjal dan penuh liku,
Terkadang terluka dan menderita,
Namun akan tetap ku jalani.

Badai guntur kan kuhadapi,
Jurang tebing kurayapi,
Duka lara pun kualami,
Demi meraih apa yang kucari.

Gunungpun kan kudaki, lautkan kusebrangi,
Jalan berliku kutelusuri.
Apapun yang terjadi, aku tak akan berhenti,
Bila disana kutemukan cinta.

Ku tak slalu mampu tuk mengasihi,
Bila dibenci dan disakiti.
Meski lemah dan tak berdaya jiwa,
Namun akan tetap kujalani.

Badai guntur kan kuhadapi,
Jurang tebing kurayapi,
Duka lara pun kualami,
Demi meraih apa yang kucari.

Gunungpun kan kudaki, lautkan kusebrangi,
Jalan berliku kutelusuri.
Apapun yang terjadi, aku tak akan berhenti,
Bila disana kutemukan cinta.

Percaya akan tuntunan kasihNya dalam menjalani hidup ini… Tuhan memberkati

Fr. Setyo K
Biara OAD Cisarua - Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar